Jumat, 02 Desember 2011

Tingkatan Manusia dalam Islam [Berdasarkan Amal Perbuatan]

Assalamualaikum sobat, pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang tingkatan-tingkatan manusia dalam Islam, bagi yang belum mengetahuinya silahkan baca saja...

Tingkatan-tingkatan manusia dalam Islam antara lain [dimulai dari tertinggi ke terendah] :

  1. Muttaqin                                                                                                                          Muttaqin berarti orang yang bertakwa. sayang tidak ada terjemahan dalam bahasa indonesia yang pas atas kata takwa ini.                                                                          Tapi kita bisa menggambarkan kata ini seperti jika kita, setiap saat berada bersama kekasih kita. Saat berada dekat atau bersama kekasih, kita akan terus merasa tenang, senang, dan tidak ada kesedihan. dan tidak ada keinginan untuk berbuat yang jelek karena kita tahu dan sadar bahwa kita bersama kekasih yang pasti tidak suka kita melakukan ketidak baikan.                                                                    Begitulah, jika kita sudah sampai pada tingkat dimana Allah adalah Kekasihmu, maka hanya kebaikan yang terpancar dari diri kita. Dan ia yang sampai pada derajat ini jarang yang memiliki masalah.                                                                                                                                                      
  2. Mukhlasin                                                                                                                    Mukhlasin Orang-orang mukhlasin tingkat inilah, yang mampu menegakkan ibadat yang murni ikhlas dan mampu menegakkan kebenaran dan keadilan. Kalau manusia sudah mampu mengikhlaskan ubudiyah atau pengabdiannya hanya semata-mata untuk Allah, dan menjadikan dirinya benar-benar sebagai hamba-hamba Allah yang mukhlasin (yang diakui ikhlasnya), maka iblis pun tidak akan mampu menggoda dan menyesatkannya lagi.                                                                                     
  3. Mu'min                                                                                                                                       Mu'min berarti "orang beriman", dan merupakan seorang Muslim yang dapat memenuhi seluruh kehendak Allah, dan memiliki iman kuat dalam hatinya. Selain itu, ada pendapat lain yang menyatakan bahwa mu'min tidak serta-merta berarti "orang beriman" namun orang yang menyerahkan dirinya agar diatur dengan Agama Islam. Selain itu, mu'min juga dapat dikatakan orang yang memberikan keamanan atas Muslim.                                                                                                              
  4. Muhsin                                                                                                                                        Muhsin berarti orang yang berubah menjadi baik atau lebih baik. yaitu orang orang yang setelah menjadi Muslim tingkah laku, kata dan perbuatannya menjadi lebih baik dan lebih dekat kepada Tuhannya.                                                                                                             
  5. Orang Muslim                                                                                                                         Kata muslim merujuk kepada penganut agam Islam. Muslim adalah sebutan untuk pria pemeluk agama Islam sedangkan muslimah adalah sebutan untuk wanita Islam. Mereka semua yang beragama Islam disebut dengan orang muslim, baik keislamannya karena membaca 2 kalimat Syahadat ataupun Islam karena faktor keturunan.                                                                                                                                                    
  6. Kafir (jamaknya Kafirun)                                                                                               Kafir/Kafirun berarti orang / orang2 yang mengingkari. Yaitu orang orang yang diberitakan atau tahu kepada kebenaran tetapi dia mengingkarinya. Biasanya kekafiran bercampur dalam kasus-kasus orang kristen (mohon dibedakan dengan orang nasrani) Ada yang karena mengikuti pendetanya dan tidak menggunakan akalnya lalu menganggap ada lebih dari satu Tuhan yang pantas disembah, tapi ada juga yang pada dasarnya ia tahu bahwa tidak mungkin Tuhan itu banyak tapi berkeras hati mengingkarinya.                                                                                                     
  7. Musyrik (jamaknya Musyrikin)                                                                                    Musyrik berarti orang / orang2 yang menyekutukan atau menganggap ada lebih dari satu (Tuhan). Yaitu tingkatan bagi mereka yang menganggap tuhan itu banyak

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More